FUNGSI DAN PENTINGNYA PERENCANAAN
DAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Seiring dengan berkembangnya pendidikan dan sistem
pendidikan di Indonesia, seluruh elemen masyarakat, utamanya yang terkait
langsung dengan pendidikan dituntut untuk lebih kreatif dan profesional untuk
mengembangkan pendidikan. Selain itu, para pelaku pendidikan juga diharapkan
sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan bersama sesuai dengan kebutuhan
dan tantangan pendidikan.
Untuk itulah perlu adanya cara atau metode untuk menjawab
tangtangan – tantangan yang muncul seiring dengan berkembangnya waktu, maka
muncullah cara atau metode yang disebut perencanaan dan desain pembelajaran
yang diharapkan akan lebih memudahkan proses belajar mengajar, dan khususnya
yang berkaitan dengan pendidikan agama islam.
Maka dari itu pada makalah ini akan dibahas mengenai fungsi
juga pentingnya akan sebuah perencanaan dan desain pembelajaran PAI.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka rumuskan masalah
dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Bagaimanakah fungsi perencanaan dan
desain pembelajaran PAI?
2. Bagaimanakah manfaat perencanaan dan
desain pembelajaran PAI?
C.
Tujuan Pembahasan
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan pembahasan
dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk memahami fungsi dari
perencanaan dan desain pembelajaran PAI
2. Untuk memahami pentingnya dari
perencanaan dan desain pembelajaran PAI.
FUNGSI DAN PENTINGNYA PERENCANAAN
DAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Fungsi perencanaan dan desain pembelajaran PAI
Sebelum kita membicarakan tentang apa saja fungsi dari
perencanaan dan desain pembelajaran PAI, terlebih ahulu kita akan sedikit
menyinggung tentang apa sebenarnya perencanaan dan desain pembelajaran PAI itu.
Perencanaan merupakan kegiatan menentukan tujuan dan merumuskan serta mengatur
pendayagunaan sumber-sumber daya: informasi, finansial, metode dan waktu yang
diikuti dengan pengambilankepustusan serta penjelasannya tentang pencapaian
tujuan, penentuan kebijakan, penentuan program, penentuan metode-metode dan
prosedur tertentu dan penentuan jadwal pelaksanaan program.
Menurut Comb dan Harjanto mendifinisikan Perencanaan pengajaran dalam arti luas
adalah suatu penerapan yang rasional dari analisis sistematis proses
perkembangan pendidikan dengan tujuan agar pendidikan itu lebih efektif dan
efisien sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan murid dan masyarakat.
Dengan kata lain, perencanaan pembelajaran adalah suatu
proses yang dilakukan oleh guru dalam membimbing, membantu, dan mengarahkan
peserta didik untuk memiliki pengalaman belajar serta mencapi tujuan pengajaran
yang telah ditetapkan dengan langkah-langkah penyusunan ateri pelajaran,
penggunaan media pengajaran, penggunaan metode dan pendekatan pengajaran, dan
penilaian dalam suatu alokasi waktu yang akan dilaksanakan dalam waktu
tertentu.
Sedangkan Desain pembelajaran adalah praktek penyusunan
media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer
pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik. Proses ini berisi
penentuan status awal dari pemahaman peserta didik, perumusan tujuan
pembelajaran, dan merancang “perlakuan” berbasis-media untuk membantu
terjadinya transisi. Idealnya proses ini berdasar pada informasi dari teori
belajar yang sudah teruji secara pedagogis dan dapat terjadi hanya pada siswa,
dipandu oleh guru, atau dalam latar berbasis komunitas. Hasil dari pembelajaran
ini dapat diamati secara langsung dan dapat diukur secara ilmiah atau
benar-benar tersembunyi dan hanya berupa asumsi.
Desain Pembelajaran menurut Istilah dapat didefinisikan:
- Menurut
Reigeluth Desain pembelajaran
adalah Proses untuk menentukan metode pembelajaran apa yang paling baik
dilaksanakan agar timbul perubahan pengetahuan dan ketrampilan pada diri
pemelajar ke arah yang dikehendaki.
- Menurut
Briggs Desain pembelajaran
adalah Rencana tindakan yang terintegrasi meliputi komponen tujuan, metode
dan penilaian untuk memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan.
- Menurut
Seels dan Richey Desain
pembelajaran adalah Proses untuk merinci kondisi untuk belajar, dengan
tujuan makro untuk menciptakan strategi dan produk, dan tujuan mikro untuk
menghasilkan program pelajaran atau modul.
Setelah kita mengetahui mengenai pengertian perencanaan dan
desain pembelajaran PAI, maka dapat diketahui fungsi – fungsinya. Fungsi dari
perencanaan dan desain pembelajran PAI adalah sebagai berikut:
- Sebagai
petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan.
- Sebagai
pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang
terlibat dalam kegiatan.
- Sebagai
pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun murid.
- Sebagai
alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga setiap saat diketahui
ketetapan dan kelambatan kerja.
- Sebagai
bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja.
- Menghemat
waktu, tenaga, alat dan biaya.
- Meningkatkan
kemampuan Pembelajar (instruktur, guru, widya iswara, dosen, dan
lain-lain).
- Sebagai
sarana menghasilkan sumber belajar.
- Sebagai
sarana mengembangkan sistem belajar mengajar.
- Sebagai
sarana mengembangkan Organisasi menjadi organisasi belajar.
2.
Pentingnya perencanaan dan desain pembelajaran PAI
Setelah kita mengetahui mengenai fungsinya, maka dapat
diketahui pentingnya dari perencanaan dan desain pembelajaran PAI. pentingnya
dari perencanaan dan desain pembelajran PAI adalah sebagai berikut:
- Diharapkan
tumbuhnya suatu pengarahan kegiatan dengan adanya pedoman bagi pelaksanaan
kegiatan-kegiatan yang ditujukan kepada pencapaian tujuan.
- Dapat
dilakukan suatu perkiraan ( fore casting ) terhadap hal-hal dalam masa
pelaksanaan yang akan dilalui, mengenai potensi-potensi dan
prospek-prospek perkembangan, juga tentang hambatan-hambatan dan
risiko-risiko yang mungkin dihadapi.
- Memberikan
kesempatan untuk memilih berbagai alternatif tentang cara terbaik ( the
best alternatif ) atau kesempatan memilih kombinasi cara yang terbaik (
the best combination ).
- Dilakukan
penyusunan skala prioritas, memilih urutan-urutan dari segi pentingnya
suatu tujuan, sasaran maupun kegiatan usahanya.
- Ada
suatu alat pengukur atau standar untuk mengadakan pengawasan atau evaluasi
kinerja usaha atau organisasi, termasuk pendidikan.
- Dapat
lebih bisa meningkatkan kemampuan pembelajaran baik guru maupun kemampuan
murid.
- Membantu
guru memperjelas pemikiran tentang sumbangan pembelajarannya terhadap
pencapaian tujuan pendidikan.
- Membantu
guru dalam rangka mengenal kebutuhan-kebutuhan siswa, minat-minat siswa,
dan mendorong motivasi belajar.
- Menambah
keyakinan guru atas nilai-nilai pembelajaran yang diberikan dan prosedur
yang dipergunakan.
FUNGSI DAN PENTINGNYA PERENCANAAN
DAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
1. Fungsi perencanaan dan desain
pembelajran PAI adalah Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan.
2. Pentingnya perencanaan dan desain
pembelajran PAI adalah Diharapkan tumbuhnya suatu pengarahan kegiatan dengan
adanya pedoman bagi pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ditujukan kepada
pencapaian tujuan.
DAFTAR PUSTAKA
B. Uno, Hamzah. 2006. Perencanaan
Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Harijanto. 2006. Perencanaan
Pengajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan
Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda
Karya.
Sa'ud, Udin Saefudin dan Makmun,
Abin Syamsuddin. 2006, Perencanaan
Pendidikan
Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung,: PT Remaja Rosda Karya
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar